Welcome to Blog a Media Afandi Indonesia, by Ahmad Afandi,ST - Sakra Timur, Nusa Tenggara Barat

PELUANG BISNIS ONLINE TERMURAH DAN MENJANJIKAN

Rabu, 04 Mei 2011

Cara uninstall program windows yang di install pake wine di Ubuntu

Wine adalah suatu program Ubuntu yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa program-program Microsoft Windows.  Wine menyediakan sarana nyaman menggunakan program yang sampai saat ini hanya dapat dinilai melalui mesin Windows.
Jika anda adalah pengguna Linux yang baru, mungkin anda perlu tahu bahwa Wine adalah aplikasi yang disediakan oleh Linux, agar kita bisa menjalankan aplikasi yang ada di Microsoft. Contohnya adalah file yang mempunyai ekstensi EXE. Jadi jika kita ingin menjalankan file tersebut di Sistem Operasi Linux, kita harus menggunakan Wine.

Untuk memasang Wine, caranya sangat mudah. Pada menu Applications, klik “Ubuntu Software Center”. Kemudian kita ketik “Wine” pada kotak pencarian, maka akan segera muncul software Wine yang siap dipasang. Selanjutnya anda hanya cukup melakukan klik pada “Install”, maka sistem apa otomatis mendownload software tersebut, dan secara otomatis melakukan instalasi di komputer anda. Untuk menggunakan Wine, anda bisa langsung meng-klik File yang berekstensi EXE.

Meng-uninstall program dengan Wine adalah proses langsung yang memerlukan sedikit waktu.
Caranya: Buka terminal lalu ketikkan mantra dibawah ini

Wine Uninstaller

Selanjutnya akan keluar kotak dialog Add/Remove Programs
Lalu pilih program yang akan anda remove.

Ini belum berakhir: ada yang shourcutnya langsung hilang dan ada juga yang bandel alias ngak mau hilang, cara hapusnya maanual yaitu cari di:

$HOME/.local/share/applications/wine/Programs/


Semoga berhasil

2 komentar:

Ahmad Istakim mengatakan...

makasih gan,,,,info yang bagus....

n jangan lupa kunjungi blog ane juga di http://ayobelajarbareng.blogspot.com

gede kamiyana mengatakan...

Makasi bantuannya bos