Welcome to Blog a Media Afandi Indonesia, by Ahmad Afandi,ST - Sakra Timur, Nusa Tenggara Barat

PELUANG BISNIS ONLINE TERMURAH DAN MENJANJIKAN

Rabu, 21 Maret 2012

Proses Penyambungan Tanaman Hias Bengis dan Lamtana



Tanaman Bengis merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di pinggir sungai ciri khasnya adalah daun agak keras dan berbulu, baunya menyengat (..?) buahnya kecil bulat. dalam kesempatan ini tanaman Bengis kita gunakan sebagai pohon induk untuk disambungan dengan tumbuhan Lamtana.

Lamtana ini termasuk kedalam pohon bunga, pohon ini juga sering digunakan sebagai pembatas antara rumput dengan teras rumah, ada beberapa warna dari bunga yang dihasilkan Lamtana seperti warna putih dan oranye.

Adapun cara penyambungannya  dapat diuraikan sbb:
Langkah pertama: Siapkan alat dan bahan seperti, silet, isolasi (diutamakan yang bening), plastik dan yang utama adalah tanaman Bengisnya sudah ada (tumbuh subur) dan tanaman Lamtana (cukup pucuknya saja) jenis bunganya sesuaikan dengan selera.

Selanjutnya potong salah satu ujung Bengis yang mau disambung seperti gambar:
Setelah ujung dipotong lalu dibelah dua seprti gambar:
Berikutnya pucuk Lamtana yang sudah disiapkan pangkalnya diiris agak meruncing lalu dimasukkan ke belahan ujung Bengis seperti gambar:

Langkah terakhir setelah pangkal Lamtana dimasukkan kedalam belahan ujung Bengis pasnya ditengah agar  posisi sambungannya kuat setelah tumbuh.selanjutnya sambungan tersebut diikat dengan isolasi (diutamakan yang bening agar bisa kita pantau proses pertumbuhan sambungannya) seperti gambar:

Untuk melindungi proses pertumbuhan sambungan baru ini dari panas sinar matahari dibutuhkan penutup platistik cukup di sekitar sambungan ke ujung Lamtana.

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.
Terimakasih juga kepada Bapak Kamaluddin S.Pd atas bimbigannya sehingga tulisan ini dapat terselesaikan.

Tidak ada komentar: